Tuesday, January 24, 2012

Inspektorat Mengungkap Terjadinya Pemotongan BSM di MTS Marakitta’limat

Lotim- Inspektorat Lotim mengungkap kasus pemotongan Bantuan Siswa Miskin (BSM) Mts Marakitta’limat, Tirpas, Tirtanadi kecamatan Labuhan Haji oleh pihak sekolah
Hal ini terungkap berdasarkan laporan dari masyarakat. Kemudian bupati memerintahkan untuk menindaklanjuti kasus tersebut. Setelah melakukan audit, didapatkan hasil bahwa benar ada pemotongan BSM dari pihak sekolah.
Menurut Keterangan Kepala sub bagian (Kasubag) dalam wawancaranya dengan wartawan Radar lombok (24/1) mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan pemeriksaan kepada pihak sekolah. Dimana tim audit telah di terjunkan kesekolah yang bersangkutan. Adapun menurut Lalu suhaimi Sap selaku salah satu tim Audit mengungkapkan bahwa dalam kasus pemotongan BSM, seperti apa yang dikatakan oleh masyarakat Tirtanadi bersama wali murid yang mendapatkan BSM, memang itu benar apa adanya.
Dari hasil audit yang sudah dilakukan sejak 4 januari 2012 lalu,menurut keterangan Lalu suhaimi bahwa di sekolah terlapor ditemukan bahwa adanya penyalahgunaan dana BSM yang sudah dipotong oleh pihak sekolah. “sederhananya dalam hal ini, kita sudah membandingkan. Mengapa dibandingkan, apakah pelaksanaan ini sesuai dengan peraturan perundang-udangan. Setela kami melakukan pemeriksaan ternyata memang benar. Ada yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada,” ungkapnya.
Dikatakannya, penggunaan dana BSM ini sudah menyimpang. “Artinya bahwa penggunaannya tidak sesuai dengan aturan yang seharusnya. Dana yang seharusnya diberikan kepada siswa miskin, tetapi setelah kita melakukan pemeriksaan, dana tersebut digunakan untuk pembangunan gedung sekolah,” jelasnya.
Soal nilai riil yang dipotong oleh pihak sekolah, tim audit tidak berani memastikan berapa jumlahnya. “Kalau jumlah yang disalahgunakan, kita masih belum bisa pastikan. Karena kami juga punya kode etik dan prosedur audit. Yang jelas telah terjadi penyimpangan di sekolah tersebut.
Dilanjutkannya juga bahwa, memang pihak sekolah dalam hal ini bertujuan baik. Tapi dinilainya, dalam hal pemotongan BSM yang dilakuaknnya ini tidaklah tepat. “perbuatan ini baik, tetapi sumber dananya tidak sesuai,” nilainya. Lebih lanjut suhaimi menegaskan, setelah ditemukan adanya penyimpangan, maka tim audit akan menindaklanjuti dengan melakukan monitoring terhadap sekolah terlapor. “Hasilnya akan kita serahkan ini ke bapak bupati. Tindak lanjutnya, tergantung bapak bupati” tegasnya.

Sumber Radar Lombok

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons