Wednesday, September 14, 2011

Gugatan Citizen Law Suit Warga NTB Terhadap Menkeu Akan di Gelar


Mataram ; Gugatan warga negara (citizen Law Suit) terhadap Menkeu Agus Martowardojo yang diajukan oleh 20 Warga NTB sebagaiman yang telah di daftarkan pada senin lalu (6/6) dengan Nomor Register No. 41/PDT.G/2011/PN.JKT.PST. Dimana Pak Agus selaku Menkeu digugat karena kebijakannya mengabaikan keinginan pemerintah daerah membeli tujuh persen saham PTNNT yang mana mala memberikannya kepada Pusat Investasi Pemerintah (PIP) untuk mengakuisisi Saham tersebut.
Gugatan yang dilakukan oleh 20 warga NTB yang tergabungn dalam Masyarakat sipil untuk Kesejahteraan Rakyat (MSKR) terhadap Menkue Agus Martowardojo terkait divestasi tujuh persen saham PT Newmont Nusa tenggara (PTNNT), akan di mulai dipersidangkan pada tanggal 3 oktober 2011 mendatang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Kuasa Hukum MSKR dari LBH NTB Basri Mulyani, SH mengatakan, pihaknya sudah menerima surat panggilan dari Jakarta Pusat untuk menghadiri sidang pertama. “beberapa hari yang lalu, kita sudah menerima surat panggilan dari Jakarta Pusat. Sebagaimana yang di lansir oleh Koran Radar lombok selasa kemarin (13/9).
Menurut Basri, Agenda Pada sidang pertama ini adalah mediasi. Majelis hakim akan mempertemukan penggugat maupun tergugat guna mencari penyelesaian. Kedua belah pihak akan diberikan waktu selama 40 hari untuk melakukan mediasi. Jika mediasi gagal dicapai, maka persidangan akan dilanjutkan. MKSKR akan mengajukan gugatannya.
Dalam gugatan itu, ada dugaan jika tujuh persen saham PTNNT dikuasi pemerintah pusat akan merugikan daerah baik secara ekonomi maupun maupun sosial. Sebaliknya jika saham ini milik daerah maka berpotensi menguntungkan warga.
Selain menggugat Menkeu, MSKR juga menggugat Kepala Pusat Investasi Pemerintah Soritaon Siregar sebagai tergugat II, sedangkan PT Newmont Nusa Tenggara sebagai Turut Tergugat, dan Newmont Mining Coorporation sebagai Turut Tergugat II.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons